h_earth

ketumpulan hati, kegersangan jiwa, kejenuhan dalam menjalani kehidupan... sesungguhnya berakar pada kedangkalan ibadah orang yang bersangkutan kepada Allah. (Rahmat Abdullah)

Wednesday, May 02, 2007

jilbab

Waktu itu gw kelas 3 SMP. Gak inget banget sih detailnya kayak gimana..
seinget gw, kalo ga salah abis lebaran, tiba2 gw pengen pake jilbab.
Lalu gw bilang ke nyokap.. Eh, beliau bilang, "Beneran mau pake? Ntar
nggak bisa baris lagi.."
Maksud baris di sini adalah passus atawa pasukan khusus, atau mungkin
lu lebih familiar dengan istilah paskibraka. Ya, dari awal SMP gw emang
ikutan ekskul yang satu itu. Tau kan? Ya, kegiatannya baris berbaris
gitu. Dan saat itu mana ada cewe yang baris pake jilbab (eh, ada kali
anak MAN). Lalu saat ditanya begitu sama nyokap, mau nggak mau gw berpikir
ulang dan uh.. gw sampe menangis u know.. Kenapa? Karena gw cinta
banget ama yang namanya baris-berbaris. Mungkin orang lain ngeliatnya orang
yang baris itu bego banget n kurang kerjaan, dari pagi ampe malem
latihan dan abis itu kulit hitam legam. Tapi begitulah.. gw menemukan hal
lain disana. Banyak hal. Lagipula gw berniat untuk meneruskan ikutan
paskib lagi di SMA, dan bercita2 menjadi paskibraka. Tau kan? Itu loh..
yang ngibarin bendera pas 17 Agustus. Seenggaknya jadi paskibraka kota
Bogor. Tapi, gw juga lupa pertimbangan gw waktu itu apa, akhirnya gw
memutuskan untuk jadi aja pake jilbab. Mungkin gw takut juga dengan
perkataan guru agama SMP gw tentang kewajiban make jilbab buat muslimah. Guru
agama itu bilang, bayangkan, kalo udah wajib pake jilbab tapi belum pake
juga, maka tiap hari dosanya bertambah, bahkan diitung per helai
rambut! Gw takut juga kali ya dibilangin gitu... Banyak nian dosaku..
Lalu mulailah gw pake jilbab... Hari itu hari senin, kalo ga salah.
Anak2 kelas 3B dan temen2 yang lain cukup suprise juga rupanya. Tapi,
awalnya ya gw belom ngerti jilbab tuh gimana sih yang bener. Dulu sih gw
pakenya jilbab BKK. Tau ga? Biar Kecekek asal Keren... hehehe... itu
loh.. yang diiket2 ke belakang leher. Terus, sikap gw juga ga berubah tuh.
Masih begajulan. Yaiks.. Tapi lama2 gw ngerasa
ada yang berubah. Entah gw yang berubah, atau orang lain juga berubah
sikapnya ke gw. Yang jelas, rasanya nggak sebebas dulu, nggak sefleksibel
dulu. Kayak ada yang ngeganjel gitu. Apa karna jilbab gw ya? Apa gw ga
bisa seaktif dulu lagi karena jilbab ini? Ah.. sudahlah.. pikirin UAN
dulu.. begitu mungkin pikir gw=9

Lalu gw lulus SMP dan pindah ke sebelah, alias ke SMANSA (yuk nyanyikan
bersama: a-ku cin-ta es-em-a es-a-te-u!). Nah, disinilah keajaiban itu
terjadi..hehe.. Pas MOS, ngeliat kakak2 yang cewe (dipanggilnya teteh)
banyak juga yang pake jilbab. Bahkan di POSKO (ini semacam tibum kalo
di Fasilkom, tapi posisi mereka seperti komite 7, piijideun lah
pokoknya..haha) yang isinya petinggi2 organisasi di Smansa, ada dua (eh, cuma
dua ya?) cewe berjilbab yaitu Teh Isma dan Teh Baiduri. Terus pas liat
Kabid (Ketua Bidang) di OSIS yang cewe dan aktifis lainnya juga banyak
yang pake jilbab, Teh Inna, Teh Gadis, Teh Pristi. Saha deui nya? Poho
lah.. Yang jelas gw ngerasa, ternyata pake jilbab nggak menghalangi
seseorang untuk beraktifitas. Buktinya, banyak kok cewe2 yang aktif di
Smansa dan mereka berjilbab. Lalu gw... gw yang tadinya ga mau ikutan
organisasi atau ekskul yang cape2 lagi kayak OSIS dan Paskib malahan
kecemplung lagi. Gw ikutan OSIS dan Paskib lagi. Paskibnya bernama Pandawa 16.
Pas ada seleksi untuk LKBB (Lomba Ketangkasan Baris Berbaris), semua
anak Pandawa angkatan XV ikutan. Gw udah pede aja ga bakal kepilih,
soalnya kan gw pake jilbab, gitu gw pikir. Eh, taunya pas udah seleksi,
terus pengumuman, hasilnya adalah gw lolos jadi pasukan LKBB. Nah loh..
terus gw nanya ke Kang Putu, "emang gpp ya, hening kan pake jilbab, ntar
beda sendiri". Terus kata Kang Putu gapapa, ga masalah katanya. Oh, ya
udah.. akhirnya gw jalanin aja. Jadinya kalo latihan pake celana
panjang. Pas lomba juga pake celana panjang. Terus, kalo yang lain pake
seragam lengkap plus topi, ya gw ga pake topi. Ternyata ga masalah, bisa aja
tuh baris pake jilbab juga. Saat itu emang cuma gw yang pake jilbab,
tapi pas udah kelas 3, kalo tu pasukan LKBB dikumpulin lagi, niscaya akan
disangka paskibnya MAN 1 Bogor, karena cewenya udah berjilbab semua
kecuali Tyas yang bukan beragama Islam. Bahkan Imbang yang jadi Paskibraka
Jawa Barat dan Dita yang Paskibraka Nasional juga pake jilbab.

Abis LKBB itu gw ga ikutan seleksi Paskibraka, soalnya udah nggak
berorientasi ke sana. Saat itu jadi lebih fokus di OSIS. Lagian lama2 gw
merasa kurang sreg kalo baris-berbaris. Selama Ramadhan dan setelah idul
fitri, gw banyak belajar. Lumayan banyak buku2 Islam yang gw baca dan
banyak teteh2 juga yang menjadi teladan dan juga tempat bertanya. Lalu
perubahan mulai terjadi. Pelan2 sih, nggak drastis. Misalnya, jilbab yang
tambah panjang. Kalo dulu masih di atas bahu, saat itu udah menutupi
bahu. Teh Nine (Ni Nengah Sri Kusumadewi) aja bilang "wah, jilbabnya
tambah panjang, bagus ning", padahal dia beragama Hindu=) Terus kalo dulu
cuek aja kalo lengan baju terangkat dikit, sekarang pake manset biar
lengannya ga keliatan walaupun lengan baju keangkat. Terus yang tadinya
kalo shalat lepas sepatu di sekretariat OSIS trus pake sendal jepit tanpa
kaos kaki ke mushalla, sekarang tetep pake kaos kaki, dan kalo pake
baju bebas biasanya ga pake kaos kaki, sekarang pake kaos kaki. Terus
lama2 gaya berpakaiannya berubah total. Dari yang tadinya pake celana
jeans, baju2 yang pas2an, jilbab BKK, sendal tanpa kaos kaki menjadi rok,
baju longgar, jilbab yang mengulur menutupi dada, dan sendal atau sepatu
dengan kaos kaki...hehehe..
Wah.. alhamdulillah kan.. dari yang tadinya pake jilbab dengan gak tau
ilmunya, dikit2 belajar dan mengamalkan.. ternyata jilbab tu harusnya
begini begitu..

Tapi... pake jilbab bukan berarti lu harus merubah diri atau tepatnya
merubah karakter. Kalo kata Salim A. Fillah, "jilbab bukan topeng, be
yourself neng!". Kalo pada dasarnya lu tipe cewek metal ya ga usah
dipaksain jadi lemah lembut. Yang penting sesuai syariat... Berdasarkan
pengalaman, lama2 bisa kebawa juga kok. Maksudnya, dengan memakai jilbab
itu, sikap kita bisa lebih terjaga. Makanya, pengen pake jilbab tapi masih
bilang "belum siap"... mendingan dipake dulu jilbabnya, ntar lama2 kan
terpacu alias terpaksa juga untuk "memantaskan diri" sebagai perempuan
berjilbab. Kalo bilang belom siap terus, kapan siapnya? Lagian
parameter udah siapnya kayak gimana?
Gw yakin Allah ga akan menyia2kan hambaNya yang udah mau berusaha
menjalankan perintahNya. Jadi, petunjuk dan pertolonganNya pasti datang!
Tinggal kita aja nih yang memutuskan... mau atau engga menjalankan
perintahNya itu?

Labels: ,

1 Comments:

Blogger Unknown said...

jujur, sebuah kata bermakna kemudahan.

12:00 PM  

Post a Comment

<< Home