h_earth

ketumpulan hati, kegersangan jiwa, kejenuhan dalam menjalani kehidupan... sesungguhnya berakar pada kedangkalan ibadah orang yang bersangkutan kepada Allah. (Rahmat Abdullah)

Wednesday, May 02, 2007

Selamat Hari Pendidikan Nasional!

Suka nonton tivi ga? Pernah liat iklan Djarum yang anak2 SD mau ke
sekolah tapi harus berenang2 dulu untuk sampe ke sekolahnya? Wah,
mengharukan sekali tau.. Mereka cuma sedikit dari amat banyak generasi penerus
bangsa yang harus bersusah payah untuk mendapatkan pendidikan. Mereka
jauh lebih beruntung dari anak2 yang tiap hari gw liat minta2 di kereta
atau jualan koran di jalan setapak hutan FISIP. Sayang, masih ada aja
orang2 yang menyia2kan nikmatnya mendapatkan pendidikan (termasuk gw?).

Jadi inget kata2nya Amien Rais waktu jaman2 pilpres dulu... "Kalo mau
pinter ya otak yang udah dikasih sama Allah ini harus dipake. Dipake
buat mikir, buat belajar". Gw inget banget saat itu bertepatan ama ulangan
umum waktu gw kelas 2 SMA. Agak kesel juga ama parahnya modus nyontek
temen2, gw tegur aja seseorang sambil menqoute kata2 Pak Amin itu. Eh,
dia bilang "iya, harus dipake buat nyari cara cerdas mendapatkan
jawaban".. Hmph.. saat itu gw sebel banget ama orang yang nyontek. Gw nulis2
di diary gw dengan kesel.. Sebel ama yang namanya nyontek. Nyontek itu
kerjaan orang yang ga punya pendirian dan otaknya ga dipake. Huff..gw
harus banyak beristighfar.. karena setelah kuliah, yang namanya nyontek
menjadi bias. Sekedar nyalin/ngopi tugas orang, itu kan nyontek juga.
Jujur aja, gw pernah ngelakuin itu. Tapi nyesel.. asli nyesel. Masa sih
gw ngorbanin keberkahan proses dan hasil belajar gw demi mendapat nilai
bagus di riwayat akademik gw?
Hh... nggak lagi2 deh... Semoga!

Labels: ,

1 Comments:

Blogger Franova Herdiyanto said...

pas nonton iklan itu, smile terharu juga ning, apalagi ngeliat ibu yang notabene seorang guru kala lihat iklan itu. Beliau terharu juga soalnya..

tapi sayang itu iklan rokok ya...

6:51 PM  

Post a Comment

<< Home