h_earth

ketumpulan hati, kegersangan jiwa, kejenuhan dalam menjalani kehidupan... sesungguhnya berakar pada kedangkalan ibadah orang yang bersangkutan kepada Allah. (Rahmat Abdullah)

Tuesday, November 14, 2006

oke deh..

Hm... emang sepi yah disini... hehehe...
tapi jangan dihubung-hubungkan dengan hening dong..

Hm.. knp ya di UI kebanyakan orang manggil gw hening dgn penyebutan 'e' seperti dalam kata "beli". Padahal kan harusnya 'e'-nya dibaca seperti 'e' pada kata "nenek". hehe... Dulu mah kayaknya cuma satu dua orang deh yang manggil hening dengan versi pertama (soalnya yg lainnya manggil ham2, hen2, hining, henang,dst..) hehe..

Betewe... di UI ini ternyata ada juga yang bernama hening. Dia anak FISIP 2005 dan kebetulan sama2 anak Kesma juga. Bedanya, dia di BEM UI sedangkan gw di BEM Fasilkom. Mungkin karena nama kita sama, udah 2 kali nih si Rimas (kadep Kesma BEM UI) ngirim jarkoman acara Kesma BEM UI ke gw. Dan pas gw ketemu Novi (deputi kesma BEM UI) gw bilangin si Rimas salah ngirim sms mulu. Saat gw ketemu novi berikutnya, dia bilang kalau hening yang satunya itu gak pernah dapet jarkoman. Yah... rimas gimana sih... =p


Yah... kok gw malah ngeblog ya... padahal harusnya gw membuat makalah Fisika mengenai GPS (Global Positioning System). Pernah denger kan? Lalu bagaimana GPS bekerja??
hm.. masalahnya dari tadi juga gw baca bahan2nya tapi blom connect juga nih...
Intinya, prinsip kerja GPS itu adalah dengan trilateration... atau dalam sumber lain disebutkan triangulation. Kira-kira maksudnya untuk menangkap posisi suatu objek di bumi, diperlukan minimal 3 satelit yang akan memberitahukan letak spesifik dari objek itu.

Misalnya begini :

Dengan satu satelit, diketahui objek A berada dalam radius 1 juta mil dari satelit itu. Dengan satu satelit lagi, diketahui bahwa objek ada berada dlm radius 1,1 juta mil dari satelit kedua. Dengan demikian, dapat dipastikan bahwa objek A berada dalam irisan dari dua lingkaran yg dibentuk oleh objek dengan masing2 satelit (jarak objek-satelit adalah radiusnya). Nah... tambahin deh satu satelit lagi... dengan tambahan satu satelit ini... kita dapat memastikan bahwa objek A berada di antara 2 titik yang merupakan perpotongan ketiga lingkaran.

Bingung? lah.. kok sama? hehe...



Nih liat aja ya gambarnya. Kalo ini kan dua dimensi, jadi titik perpotongannya cuma satu. Kalo dalam gps kan 3 dimensi, jadi bakal dapet 2 titik potong. Oia.. berarti namanya bukan lingkaran ya, yg tadi gw sebut di atas harusnya bola, atau sphere...



Okeh... cukup sekian utk Fisikanya... semoga gw bisa ngerjain dengan cepat dan benar. Soalnya besok harus udah dikirim ke dosennya...

Betewe.. gw kan baru selesai UTS nih jum'at kemaren.. Hh.. rasanya seneng banget. Bisa bernapas lega sejenak, dan mengerjakan tugas2 lain yang agak terabaikan. Tapi.. kayanya bernapas leganya gak bisa lama2 nih. Soalnya tadi pak suryana bilang akan segera posting tugas SDA berikutnya... (oh yeah.. ditunggu loh, pak). Terus.. kuliah basis data juga udah mulai coding2an... Dah mulai make DBMS... Tak taulah gimana wujudnya... gw belom nyobain siy...

Ya sudah.. sekian dulu postingan hari ini... sebentar lagi kuliah fisika 1... *semoga bisa memperhatikan presentasinya...* =)

5 Comments:

Anonymous Anonymous said...

ooo...pantesan pas liat proker BEM UI gw liat ada nama hening(dengan "e" seperti pada kata "beli"...hehehe..."e" yang ini juga seperti pada kata "beli"...halah apaan sih gw...)
kirain emang hening fasilkom, soalnya kan KESMA...eh taunya hening yang lain...
tapi ada franova di KREMAS BEM UI gak ya? gak ada kali ya..nama gw kan unik..dasar smile narsis....

7:31 AM  
Blogger hening sept said...

kayaknya nggak ada tuh smile.. eh, nama gw juga unik kan : heninggar. tp ada yg namanya sama, tp cuma sebagian/substring dari nama gw. contohnya hening atau inggar. kalo lu juga ada kok yang nyamain : nova atau frano.. atau malah smile.. hehehe

10:09 AM  
Blogger Muhammad Ilman Akbar said...

pertama kenal dengan smile, gw kirain nama asli smile itu Ismail.. Kaya AFI pertama tuh, ada akademia yang nama aslinya ismail, trus juga karena dia suka senyum, dipanggilnya smile deh.. tapi franova dipanggilnya beda sama smile ding, kan franova dipanggilnya 'SMELL', bukan 'SMILE'.. Hehehe.. =P

hmm.. tapi ngomong-ngomong tentang ini:
"Hm... emang sepi yah disini... hehehe...
tapi jangan dihubung-hubungkan dengan hening dong.."

perasaan kok akhir-akhir ini, di koran/majalah/artikel/buku yang gw baca, gw sering menemukan kata 'hening'.. apa karena Indonesia udah sepi ya? hmmm?

8:20 PM  
Blogger hening sept said...

"apa karena Indonesia udah sepi ya?"

apa hubungannya si?? heheh...
*ga penting*

1:19 PM  
Anonymous Anonymous said...

Deng...deng...deng....deng.....
*dengan gaya Dirga*

2:45 PM  

Post a Comment

<< Home