h_earth

ketumpulan hati, kegersangan jiwa, kejenuhan dalam menjalani kehidupan... sesungguhnya berakar pada kedangkalan ibadah orang yang bersangkutan kepada Allah. (Rahmat Abdullah)

Saturday, September 23, 2006

Ramadhan Returns!!

Maafin ya temen2, selama ini dah banyak salah ama temen2 semua. It's Ramadhan, so... mari jalani dengan hati yang bersih...

Buat yang muslim, mari buat Ramadhan kali ini jadi bermakna, memaknai setiap arti, menyongsong perubahan (lho.. kok jadi kayak jargonnya bang ai? =9)

Dapet tips bangus nih dari shofwan al banna...

1. Kenali diri
kita kayak gimana sih sekarang? kita ada di posisi apa? Terutama sekali, kondisi yang harus kita pahami dari diri kita sendiri adalah :

->Salimul aqidah ... (selamat aqidahnya)
aqidah kita udah bener blom.. masih suka syirik gak, masih percaya ramalan bintangkah? dll..

->Shohihul ibadah (benar ibadahnya)
Nah.. gimana nih ibadah kita sehari2.. ya shalatnya, wudhunya, baca qur'annya.. dah sesuai ma yang dicontohin Rasul blom (bahasa kerennya : ittiba' Rasul). Jangan2 selama ini kita shalat pake gaya bebas lagi..(bebas semau gue) pake prangko kilat pula.. (cepet bangedh gitu..).nah lho..

->Matinul Khuluq (kokoh akhlaknya)
Kalo yang ini tentang akhlak kita... gimana sih perilaku kita sehari2.. udah baikkah? sesuai tuntunan Islamkah.. masihkah kita berlaku nggak baik pada ortu? hmm..

->Mutsafaqul Fikri (pikiran yang luas)
Seberapa seringkah kita make otak kita buat belajar? nambah ilmu dan pengetahuan baru? hafalan Qur'an?

->Nafi'un li ghairihi (bermanfaat bagi orang lain)
hayoo... seberapa banyak kita udah berkontribusi di masyarakat.. dah bantu orang lain.. dah bermanfaat buat orang lain...??

2. Tentukan visi Ramadhan
Layaknya sebuah organisasi yang akan mengarungi masa kepengurusannya, kita juga butuh menetapkan visi, atau tujuan, gambaran.. Ramadhan kita mau dibikin kayak gimana sih.. Evaluasi Ramadhan taun kemaren. Targetin Ramadhan kali in harus lebih baik dari taun kemaren..
Trus tulisin deh visi itu. Contohnya begini nih.. "nggak menyia-nyiakan Ramadhan dengan mendulang pahala sebanyak2nya. Bersihkan hati, kembali pada fitrah yang suci. Dekatkan diri pada Ilahi. Jadi intelektual Muslim sejati..".. aha! get your vision?

3. Susun kegiatan berdasarkan visi Ramadhan
Setelah mengetahui kondisi diri kita dan menetapkan visi atau tujuan, sekarang kita buat langkah kongkrit untuk mewujudkannya. Bisa lewat kegiatan2 bersama kaya yang suka diadain ma Rohis gitu, atau kita bikin sendiri, misalnya baca buku, dll. Sesuaikan dengan jadwal kuliah..Mari belajar mengatur waktu!

Nah.. begitu kira2 yang gw dapet dari bukunya shofwan yang berjudul "Ramadhan Returns".. Mari sambut Ramadhan.. Mari jalani Ramadhan dengan ceria!

Sekali lagi.. forgive me ya!!!

0 Comments:

Post a Comment

<< Home