h_earth

ketumpulan hati, kegersangan jiwa, kejenuhan dalam menjalani kehidupan... sesungguhnya berakar pada kedangkalan ibadah orang yang bersangkutan kepada Allah. (Rahmat Abdullah)

Monday, February 05, 2007

kuliah hari pertama...

Alhamdulillah.. hari ini mulai kuliah lagi. Tapi sedih juga ya.. ada temen2 yang lagi ditimpa musibah banjir.. ada yang ga bisa dateng kuliah.. ada yang bela2in dateng kuliah sampe telat banget... Alhamdulillah kalo daerah rumah gw c gak kenapa2. Tapi di Bogor ada juga daerah yang tergenang air karena sungai Ciliwung meluap. Jadi, daerah di sekitarnya tu udah kelelep gitu. Tapi gak tau c separah apa. Kalo ga salah itu di daerah warung jambu gitu.

Ya, semoga aja ini cepat berakhir. Dan semoga banyak pelajaran yang bisa kita ambil dan terapkan dalam hidup. Indonesia tuh udah dapet banyak musibah. Banyak peringatan--atau malah azab. Mulai dari Tsunami, gempa Jogja, gempa2 di banyak daerah, Flu Burung, DBD, banjir, kecelakaan angkutan umum (darat-laut-udara) dll. Tapi apakah orang2 berubah? Apakah jadi pada insyaf? Apakah kita berubah?
Bisa jadi jatah umur kita sebentar lagi abis. Bisa jadi musibah datang tanpa disangka2. Masa masih mau korupsi, maksiat sana sini, lupa daratan, dsb. Insyaf euy...!

Nah, sekarang cerita ttg kuliah pertama...
Sebelumnya cerita ini dulu ... Alhamdulillah akhir2 ini gw mendapat pencerahan, hehe... Tadinya tu gw males2an banget. Gak ngerjain suatu kewajiban, misalnya. Alasannya males, sungkan, takut, dsb. Tapi sekarang lagi memulai utk ngilangin pikiran2 negatif itu. Karena sebenernya potensi kita tuh gede banget! Ga ada yang ga bisa kita lakukan (sbg manusia tentu). Tapi sayangnya, terkadang kita gak bisa melakukannya karena mikirnya negatif. Gak bisa, males, susah, gak biasa, dll. Padahal sebenernya bisa--kalo mau. Kutu aja bisa loncat setinggi 300x tinggi tubuhnya=)

Jadi di kuliah jg gw pengen merubah kebiasaan buruk gw. Mulai dari tepat waktu. Tadi sih 2 kuliah pertama, Sistem Cerdas dan Sistem Operasi, gw gak telat. Tapi kuliah berikutnya, yang jam 1, yaitu Jaringan Komputer, gw malah telat. Abisnya di Mushalla tu lama, ngantre mukena=9 Jadinya baru beres shalat jam 12.56. Karena sangat lapar, yah akhirnya makan dulu. Masuk kelas baru jam 13.20. (Maap ya Pak!)
Lalu di kuliah Sistem Operasi. Biasalah.. kuliahnya Pa Ibam kan presentasi dan partisipasi. Jadi yang suka jawab pertanyaan dikasih kupon gitu. Waktu kuliah Fisika I juga kayak gitu. Dan gw sangat malas sekali. Gak pernah dapet kupon=9 soalnya males jawabnya, sekaligus gak terlalu ngerti juga. Akhirnya sih gw dapet B+. Tapi sayang juga kan.. gw belom memakai potensi dan kesempatan yang ada dengan maksimal. Kalo bisa dapet A kenapa harus B+?
Maka tadi gw berusaha menghilangkan kemalasan dan keraguan. Ayolah ning, lu ngomong apa aja nggak akan disalahin. Dapet kupon lagi. Ya, akhirnya gw dapet kupon juga! =) hehe..senang.. Ya, kalo kita udah mendobrak batas nggak mampu kita, selamanya kita akan bebas. Lebarkan zona nyamanmu! (bukan begitu T' Heggy? ;) ).

Lalu tentang tepat waktu. Sekarang juga gw lagi berusaha untuk tepat waktu. Ini dia hal2 yang bikin gw semangat untuk tidak jadi orang Indonesia pada umumnya (yang katanya ngaret itu loh)...
1. "Yang membedakan pecundang dengan pemenang adalah kelakuannya. Dan tidak tepat waktu adalah kelakuan seorang pecundang" (Arif Munandar saat materi Training Motivasi di Sekolah Mapres)
2. "Oke, hari Rabu kita rapat jam 9 teng ya! Kalo telat semenit aja, rapat dibatalin! Budayakan tepat waktu!" (kesepakatan suatu tim yang gw termasuk di dalamnya--keren sekali tim ini!=9)
3. Suatu pemikiran bahwa -- nggak pa2 ko kalo misalnya kita janjian sama orang terus kita tepat waktu dan orang itu nggak. Maksudnya, nothing to loose. Kita udah nepatin janji, dan orang itu nggak..ya resiko dia sendiri lah. Jangan jadi mikir "yah.. males dah gw kalo datang ontime juga paling yg lain ngaret".

Gitu... jadi, semangat lah utk merubah kebiasaan2 buruk. Inget 3M -- mulai dari diri sendiri, mulai dari hal yang kecil, mulai saat ini! =)

0 Comments:

Post a Comment

<< Home