h_earth

ketumpulan hati, kegersangan jiwa, kejenuhan dalam menjalani kehidupan... sesungguhnya berakar pada kedangkalan ibadah orang yang bersangkutan kepada Allah. (Rahmat Abdullah)

Wednesday, February 07, 2007

Kuliah Semester 4 ini...

Di semester ini, gw mengambil 22 sks dengan rincian sbb :
4 SKS Sistem Operasi (OS)
3 SKS Organisasi Sistem Komputer (OSK)
3 SKS Basis Data 2 (Basdat 2)
3 SKS Aljabar Linear (Alin)
3 SKS Jaringan Komputer (Jarkom)
3 SKS Probabilitas Terapan (Probter)
3 SKS Sistem Cerdas (SC)

Selama 3 hari ini, alhamdulillah udah ikut semua kuliah perdananya, kecuali kuliah OSK. Karena dosennya gak datang, soalnya kebanjiran (semoga cepet udahan pak, banjirnya..).
Mari kita review sebentar kuliah2 ini...

Sistem Operasi... seperti gaya khas mengajar Pak Ibam, metode belajar yang dipake di kuliah ini adalah presentasi. Gak cuma itu, materi presentasi juga akan disusun dalam buku "Kunyuk" (sekarang udah revisi ke-4), yang kerangka isinya tu mengacu pada buku "Operating System Concepts"nya Silberschatz.

OSK... gak tau sih.. belom ngajar bapaknya.

Basdat 2 adalah lanjutan dari Basdat 1. Kalo di Basdat 1 fokusnya pada desain dan pemrograman aplikasi basis data, Basdat 2 ini fokusnya pada large database dan multiuser database. Jadi bahasannya ya seputar optimalisasi query, concurency control, dan lain sebagainya.

Alin.. Alin ini ada 2 kelas. Yang kelas 2 bisa disebut kelas iler (e-learning=9). Karena tatap muka di kelasnya cuma 35%, sisanya adalah belajar mandiri dari modul2 yang ditaro di scele. Waw..bisa gak yah belajar Alin mandiri? Kalkulus 2 aja udah full tatap muka masih suka gag ngerti..hehe.. Tapi gapapa.. ini tantangan..

Jarkom. "Wow"! that's what i can say. Ternyata di Jarkom ini banyak banget istilah2 yang ga pernah gw denger sebelumnya. Dosennya ngajarnya cepet banget, udah gitu sering ngomong english lagi. Asik sih..sekalian belajar english. Tapi sebelum masuk kelas jarkom ini, sebaiknya udah baca2 bukunya. Kalo engga, wah, bengong deh..

Probter kemaren sih cuma intro doang. Jadi gak tau, ntar bakal separah apa kuliah ini. Kata orang2 c susah=9

SC.. juga masih intro. Pengenalan apa sih sebenernya Artificial Intelligent itu. Ternyata, teori yang mendasari AI banyak banget, mulai dari Filsafat, Math, Psikologi.. hahaha... Tapi jelas itu gak akan dibahas lagi di pertemuan2 selanjutnya. Pengantar doang. Selanjutnya..coding lagi coding lagi...

Yap.. itu kuliah yang gw ambil semester ini. Semoga gak males2an nanti.. jangan sampe semangatnya di awal doang trus nantinya loyo..
SEMANGKA...
*semangat, kawan...*
=D

~ada yang mau ngasih tips2 kuliah? =)

Labels:

1 Comments:

Blogger Muhammad Ilman Akbar said...

Semangka!
semangat, kawan!

coba liat ini ning:
http://ilman05.blogspot.com/2007/02/semangka-semangat-kawan.html

7:09 PM  

Post a Comment

<< Home