h_earth

ketumpulan hati, kegersangan jiwa, kejenuhan dalam menjalani kehidupan... sesungguhnya berakar pada kedangkalan ibadah orang yang bersangkutan kepada Allah. (Rahmat Abdullah)

Saturday, September 22, 2007

Cerita-cerita tetang jilbab^^

Ini si mading FUKI tetang cerita2 orang pake jilbab. Mulai dari alasannya, prosesnya, sampe hikmahnya. Semoga berguna ya...


Kenapa?
Saya memakai jilbab karena panggilan dari hati. Selain itu saya juga terinspirasi oleh kakak saya yang lebih dulu memakai jilbab. Saya selalu merasa tersentil ketika saya menghadiri suatu ceramah yang membahas tentang perintah Allah untuk menutup aurat. Selain itu, saya juga merasa risih saat belum berjilbab.
Ceritanya...
Saya berjilbab sejak setahun yang lalu, dengan berproses pelan-pelan, sampai sekarang. Saya masih merasa jauh dari predikat Muslimah solehah, tapi saya tetap berusaha.
Setelah pake jilbab?
Saya merasa lebih aman, lebih dihargai oleh laki-laki, dan juga sebagai alarm buat saya ketika dilanda rasa malas ibadah, saya mengingat kembali jilbab yang saya pakai. Saya harus bisa mempertanggungjawabkan apa yang saya lakukan. Saya tidak ingin mengotori jilbab saya dengan perbuatan-perbuatan yang tidak pantas dilakukan seorang Muslimah, meskipun sampai saat ini saya masih jauh dari sempurna.
So...
Buka mata, hati, dan pikiran terhadap perintah Allah. Berprasangka baik terhadap perintahNya, seperti perintah berjilbab, banyak keuntungan yang bisa kita peroleh, seperti kulit lebih putih =) dan insya Allah terhindar dari segala fitnah jika kita dapat menjaga perilaku dan perkataan kita, lebih dihormati dan dihargai oleh laki-laki, dan juga banyak yang mendo'akan, karena banyak yang menyapa "assalamu'alaikum". Status kita sebagai Muslim juga tidak diragukan lagi, karena jilbab menunjukkan identitas itu.
-Gista, 2007-

Kenapa?
Karena perintah Allah, dan merasa dosa sudah banyak, apalagi kalau ditambah dosa tidakmenutup aurat.
Ceritanya...
Dari SMP udah pengen pake jilbab, tapi kebanyakan mikir "bisa nggak ya?", "nanti pake bajunya kayak gimana ya?", "nanti dibilang sok alim sama temen-temen", dsb. Setelah dipikir-pikir, itu semua cuma omong kosong. Kalo emang udah niat ya lakuin aja. Nggak usah mikir nanti gimana, yang penting jalanin dulu. Yang penting memenuhi perintah Allah karena Allah pasti tau yang terbaik buat kita, yang nggak tau apa-apa dan hanya mementingkan kehidupan duniawi yang begitu menggoda (Sayangnya hidup sekarang ini bukanlah hidup yang sebenarnya...).
Setelah pake jilbab?
Menyesal bangetbangetbangetsebangetbangetnya
Kenapa gak dari dulu-dulu.. Dosa-dosanya udah terjadi..
So...
Pakai aja, gak usah kebanyakan mikir. Gak usah biarin diri kita membuat-buat alasan.. Nanti menyesal sendiri kalau terlambat. Kita gak tau kapan bakal mati dan mesti mempertanggungjawabkan perbuatan kita.
-Niken, 2007-


Kenapa?
QS Al-Ahzab:59 dan QS An-Nisa:31, karena ini perintah Allah gitu loh.. karena pengen belajar jadi Muslimah yang bener dan langkah awalnya menjalankan kewajiban yang satu ini. Selain itu juga merasa tertantang untuk mencoba penampilan baru. Kalo ngeliat mba-mba berjilbab -apalagi yang jilbabnya panjang- kayanya anggun, berwibawa, 'adem' ngeliatnya. Jadi terpikir gimana caranya supaya orang lain memandang saya seperti itu.
Ceritanya...
Mulai belajar pake jilbab sejak kelas 2 SMP, tapi masih nggak bener, pakenya kalo ke sekolah doang. Kelas 3 SMP mulai tobat (hihi =9), pake jilbab setiap keluar rumah. Tapi masih belum bener, kadang masih suka gulung lengan baju, pecicilan, belum ngerti batasan pergaulan sama cowo.. apalagi saya dulu tomboy, jadi susah juga adaptasinya. Alhamdulillah pas SMA dipertemukan dengan mba-mba Rohis yang baik hati dan ramah, en mau bimbing saya ke arah lebih baik. Mulai saat itu ikutan Rohis, ikut mentoring, dan lama-lama jadi semakin ngerti cara berhijab yang sebenarnya, dan insya Allah mulai memantapkan hati untuk terus memperbaiki diri, yah sampe sekarang ini masih belajar dan terus belajar..
Setelah pake jilbab?
Awalnya sulit, ngerasa gerah, ribet, takut ga diterima sama temen-temen, ga bisa bebas. Tapi alhamdulillah, Allah memberi kemudahan untuk menjalani semua itu. Makin lama makin ngerasa nyaman pake jilbab. Perihal pertemanan gak ada masalah tuh.. malahan jadi pada segen dan menghormati saya^^
So...
Segerakan berbuat baik, teman! Mengambil langkah pertama memang sulit, tapi kalo kita tidak segera mengumpulkan keberanian.. kesempatan itu bisa hilang begitu aja. Kita gak pernah tau berapa lama Allah ngasih kesempatan hidup di dunia ini... Kalo gak sekarang juga kita menunaikan kewajiban yang satu ini, kapan lagi???
-Meirna, 2005-
Bu Kaput lhoooo... =9


Kenapa?
Karena insya Allah mau ngejalanin perintan Allah dengan baik, walaupun perlahan-lahan. Trus juga kalo lagi mentoring di MUI (Masjid UI) suka malu karena seisi MUI yang lagi mentoring pada pake jilbab semua, sedangkan aku nggak pake, jadi kesannya telanjang aja :P Dan ngeliat orang-orang yang 'mastering something' itu berjilbab semua, terutama kau banyak belajar dari kakak, temen-temen SD, SMP, SMA yang mayoritas udah berjilbab semua. Yang paling penting, jilbab ini aku jadiin sebagai identitas bahwa aku seorang Muslimah. Bangga donk jadi Muslimah.
Ceritanya...
Pas SMP, pake seragam dengan jilbab setiap Senin-Rabu-Jum'at, jadi ada keinginan pake jilbab pas SMA. SMA masih buka-tutup, tapi diusahain pake kalo pelajaran agama atau hari Jum'at. Kuliah tingkat satu mulai mau pake jilbab tapi masih banyak yang nunggu. 170807 alhamdulillah, udah berani pake jilbab, walaupun ada rasa takut bakal lepas tapi pada akhirnya banyak yang ngedukung kok. Tanggapan orang-orang banyak yang positif.
Setelah pake jilbab?
Ngerasa lebih dihormati, dihargai layaknya Muslimah (cieee), terus mulai dari sekarang juga lebih banyak terpacu buat ngelakuin ibadah lain, misal: masa udah berjilbab gak ngaji tiap hari? atau dhuhanya masih bolong-bolong? Pokoknya jadi nayaman.
So...
Jilbab itu nayaman lho, jangan pernah takut untuk mencoba, hidayan itu harus dicari.. semoga Allah ridha dengan kta sepanjang masa. Amiiin.
-Zahra, 2006-


Kenapa?
Alhamdulillah sekarang Ayash sudah berhijab. Kalau ditanya soal alasan memakai jilbab, yah karena wajib.
Ceritanya...
Sebenarnya udah niat dari 2 tahun lalu, tapi baru terlaksana sekarang ini. Pas itu masih inget banget, pas Muslimah Gathering pertama di aula, ibu pembicaranya bilang "Orang pintar tau mana yang benar dan mana yang salah" (kalau tidak salah ya). Kemudian, dibagikan kertas tentang ajakan berjilbab. Pas baca tuh... rasanya bergetar hati (ohoho). Nah, terus akhirnya nekat bilang ke mentor Ayash, "Mba, Ayash mau pake jilbab". Tau ga pas itu rasanya mau nangis, ga tau kenapa.
Trus pas itu yang jadi pendorong juga, karena ngeliat Shally yang baru berjilbab. Kaget pas liat Shally tiba-tiba pake. Wah! Jadi tambah semangat. Udah deh, nekat beli kain jilbab dan semuanya sendiri. Iseng-iseng masang, tapi berantakan. Trus akhirnya dipasangin. Nyari-nyari model yang syar'i dan nyaman. Alhamdulillah udah lumayan rapih lah walau masih ada yang kurang di sana-sini.
Setelah pake jilbab?
Aman dan nyaman. Berkurang gangguan dari luar dan dalam. Tapi nyesel... kenapa gak dari dulu.. Yang, yang penting udah taubat nasuha. Semoga Allah mengampuni. Seneng juga, cita-cita pake jilbab dah tercapai..^^hehe
So...
Udah, kalau hati dah berkata "pakai", pake aja atuh...! Nekat aja! Kalo nggak sekarang, kapan lagi?
Yakin deh, jilbab bukan pembatas kamu sama lingkungan, bukan pembatas pergaulan. Jilbab malah akan lindungin kamu dari yang bathil dan nantinya mendekatkan kamu dengan yang baik. Cewe yang pake jilbab terlihat "lebih" terhormat (bukan berarti yang belum pake gak terhormat k sembarangan mata yang melihat.
Inget, percaya kan hari akhir.. Allah pasti buat perhitungan. Jadi, ayo pakai jilbab.
(Do'ain Ayash bisa istiqomah sampe akhir. Amiin)
-Ayash, 2007-

Kalo cerita dari gw ada di sini.. :P

Labels: , ,

0 Comments:

Post a Comment

<< Home