h_earth

ketumpulan hati, kegersangan jiwa, kejenuhan dalam menjalani kehidupan... sesungguhnya berakar pada kedangkalan ibadah orang yang bersangkutan kepada Allah. (Rahmat Abdullah)

Saturday, June 09, 2007

Association Rules*

contiditon ==> consequence (confidence, occurence)
----------------------------------------------------
shalat subuh telat ==> hari kacau (0.7564, 5)**

haha... yang confidence dan occurencenya itu ngarang kok..
Tapi association antara shalat subuh telat n hari kacau ada benernya. Apalagi kalo telat subuhnya karena males. udah denger alarm jam setengah 5, tidur lagi. Denger adzan jam 5 kurang 20, tidur lagi. kebangun jam 5, tidur lagi... terus we.. iraha shalatna...

Telat shalat subuh itu bisa dibilang mencerminkan kemalasan yang bercokol dalam diri. Dan terlebih lagi, artinya makin sedikit waktu yang bisa digunakan untuk mempersiapkan diri memulai hari. Misalnya aja bangun jam 5.15 terus shalat. Kalo jam 7 udah harus berangkat dari rumah, berarti cuma dikit waktu yang bisa dipake untuk mengisi "batre" dan mempersiapkan diri. Belum lagi kalo harus bantu ibu menyapu mengepel memasak menjahit :P boro2 ngisi "batre", yang ada buru2. BTW, ngisi batre disini maksudnya adalah mencharge ruhiyah..misalnya dengan tilawah, dzikir, dengerin ceramah di radio, baca buku, dll. Kalo udah melakukan hal2 itu, rasanya lebih siap aja menjalani hari. Apalagi kalo charge batrenya dilakukan dari sebelom subuh, alias tahajud di sepertiga malem terakhir.. wuih, mantep bo... tau sendiri kan efek shalat tahajud buat kekuatan jiwa :)
Selain itu, kalo bangun pagi2 kan lebih seger. Otak lebih fresh, jadi bisa berpikir jernih. Hati lebih lapang.. dan insya Allah urusan2 lancar.. Kalo bangun kesiangan kan nggak enak. Udah mah buru2, rusuh, bawaannya ngomel2 dan males2an kayaknya..

Jadi.. terus berusaha yuk, biar nggak telat shalat subuhnya!

*Association Rules itu apa ya.. (nah lho bingung).. intinya adalah suatu konsep Data Mining dalam Basis Data, yang artinya adalah mencari hubungan antar beberapa hal. Misalnya ada data pembelian barang2 di toko X yang menjual barang2 a, b, c. Dengan Association Rules bisa dicari hubungan antar pembelian barang2 itu. Misalnya kalo orang beli a, dia pasti beli b. Semacam itulah.. :P

**ini adalah output dari pencarian association rules dengan menggunakan algoritma apriori yang programnya dibikin ama siapa ya.. ada "Bodon"nya gitu. France Bodon apa James Bodon gitu.. (ngarang)

Labels:

3 Comments:

Anonymous Anonymous said...

Ning, basdat skrg belajar Association Rules juga ya..

ya ampun..tau gitu nanya sama anak2 yg kuliah basdat deh..

mba atien bikin landasan teori tentang Association Rules aja sampe 50 halaman gitu..

11:55 AM  
Blogger hening sept said...

iya mba..
basdat 2-nya kebanyakan bahan.. jadi nggak keserep semua..
:(

3:11 PM  
Anonymous Anonymous said...

Thanks for writing this.

2:44 PM  

Post a Comment

<< Home